..::DAPATKAN PROMO MOBIL MITSUBISHI MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

Tips Berkendara Hemat Bahan Bakar

Dipublish pada 25 November 2019 | Dilihat sebanyak 41 kali | Kategori: Promo & Info

Mengemudi kendaraan tentu menjadi kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan bagi sebagian orang. Namun, gaya mengemudi kendaraan seseorang ternyata juga dapat memaksimalkan performa kendaraan sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat. Selain kondisi eksternal seperti lalu lintas yang dilalui, kapasitas mesin, transmisi, bobot kendaraan, dan tekanan ban, berikut adalah beberapa tips mengemudi untuk menghemat bahan bakar yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Menjaga Putaran Mesin
Umumnya, torsi paling efisien mesin berada pada rentang putaran mesin 2.000-3.000 rpm. Lakukan perpindahan gigi pada rentang putaran mesin itu. Jika putaran mesin terlalu tinggi, maka suplai bensin akan makin banyak. Tapi jika terlalu rendah, butuh injakan pedal gas yang lebih dalam untuk menambah kecepatan.

Mengemudi Cerdas
Jangan biasakan mengemudi dengan agresif. Lebih bijak dalam menginjak pedal gas dapat menghemat bahan bakar. Saat di jalan tol, usahakan melaju konstan di kecepatan 60-70 km/jam. Ini adalah kecepatan ideal untuk efisiensi bahan bakar. Jika Anda melaju di kecepatan 100 km/jam akan menggunakan bahan bakar sekitar 15% lebih banyak ketimbang melaju pada 80 km/jam.

Hindari Akselerasi dan Pengereman Mendadak
Berakselerasi atau melaju dengan konstan membuat suplai bahan bakar juga konstan. Akselerasi mendadak dapat membuat ECU memerintahkan untuk menyuplai bensin hingga maksimal. Sedangkan mengerem secara berlebihan memaksa Anda untuk menekan gas lebih dalam untuk memperoleh kecepatan semula. Injak pedal gas dengan halus serta perhitungkan jarak pengereman yang memadai.

Pakai BBM Dengan Oktan Sesuai
Banyak mesin mobil yang dapat bekerja baik dengan bahan bakar bernilai oktan yang lebih rendah dari rekomendasi pabrik. Kecuali jika terdengar knocking. Tapi performa mesin maupun konsumsi bbm akan membaik saat menggunakan bbm dengan oktan sesuai rekomendasi pabrikan.

Gunakan AC Secukupnya
Menggunakan AC memberi beban besar pada mesin yang dapat meningkatkan konsumsi bbm. Aturlah AC kendaraan Anda tidak terlalu dingin, di suhu 24-27 derajat celcius. Pada cuaca panas, parkirlah mobil di tempat yang teduh. Ketika ingin mengemudi lagi, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin. Sehingga dapat mengurangi kerja AC untuk mendinginkan kabin.

Jaga Tekanan Ban 
Pastikan ban terpompa sesuai dengan tekanan yang direkomendasikan. Ban yang kempes memerlukan lebih banyak bahan bakar, namun memompa secara berlebihan akan mengacaukan kendali mobil Anda. Tekanan ban dapat dilihat di samping kanan jok pengemudi ketika pintu dibuka.

Rencanakan Rute Perjalanan
Menentukan rute perjalanan yang efektif dan terhindar dari macet memang membutuhkan pengalaman Anda. Hindari jalan macet yang pernah Anda lewati di waktu lampau. Menggunakan peta dan GPS akan memudahkan Anda menentukan rute perjalanan. Jika ingin singgah beberapa kali, upayakan agar rutenya tetap satu arah.

Bagikan

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Buat yang Belum Tahu, Ini Arti dan Fungsi Kode pada Tuas Transmisi Otomatis

Dipublish pada 9 Juli 2019 | Dilihat sebanyak 50 kali | Kategori: Promo & Info

Kebutuhan mobil bertransmisi otomatis semakin meningkat di kota-kota besar. Kemacetan lalu lintas yang semakin parah, menjadi alasan konsumen memilih mobil yang lebih praktis dan nyaman. Meski begitu, banyak di antara pengguna mobil yang belum sepenuhnya paham kode yang berada di... selengkapnya

Kelebihan Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV di Mata Pembalap

Dipublish pada 29 Oktober 2019 | Dilihat sebanyak 49 kali | Kategori: Promo & Info

Rifat Sungkar, pembalap Indonesia yang dibesarkan dari keluarga pereli, turut berkomentar terkait diluncurkannya Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV di GIIAS 2019. Rifat sendiri juga dipercaya sebagai Brand Ambassador Mitsubishi Motors. Dia menjabarkan keunggulan SUV terbaru Mitsubishi tersebut. Menurut suami... selengkapnya

Tips Rawat Kamera dan Sensor Parkir

Dipublish pada 7 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 59 kali | Kategori: Promo & Info

Guna memberikan kemudahaan dan keamanan saat berkendara, kendaraan saat ini telah dilengkapi berbagai fitur yang membantu, seperti kamera dan sensor parkir. Guna memberikan kemudahaan dan keamanan saat berkendara, kendaraan saat ini telah dilengkapi berbagai fitur yang membantu, seperti kamera dan... selengkapnya

JEJAK PENGUNJUNG

15030
Hari ini : 10
Kemarin : 18
Bulan ini : 421
Tahun ini : 5284
Total Kunjungan : 15030
Hits Hari ini : 35
Total Hits : 31966
Who's Online : 2

Pembiayaan

– BCA Finance
– Cimb Niaga
– Indomobil Finance
– Adira Finance
– Dipo Star Finance

Chat WhatsApp
Telp Sekarang